Minggu, 05 Februari 2012


Sean Rooney, Pemain Asia Terakhir Pilihan Persib?

Sean Rooney, Pemain Asia Terakhir Pilihan Persib?
Pemain asing Deltras asal Australia, Sean Daniel Rooney masuk dalam incaran Persib Bandung untuk memenuhi kuota pemain asing Asia. Tepatkan jika Rooney berkostum Persib?
Rencana penambahan striker asing asal Asia oleh tim manajemen Persib Bandung sedikit membuka celah. Dengan kriteria yang diharapkan manajemen, nama pemain asing Deltras Sidoarjo Sean Daniel Rooney masuk dalam incaran perburuan. Apakah Sean Rooney tepat menjadi pilihan Persib memenuhi kuota pemain asing Asia di tubuh tim Persib Bandung?

Dari sisi kualitas, Sean Rooney merupakan pemain yang memiliki track record yang cukup bagus. Pesepakbola kelahiran 1 Maret 1989 ini memulai awal karir juniornya di bersama tim Sydney FC saat berusia 19 tahun. Di level senior, Sean Rooney bergabung dengan Blacktown City Demons di kompetisi A-League. Tiga musim membela Blacktown City Demons mulai dari 2006 sampai 2008, pemain dengan tinggi badan 177 cm ini mencetak 11 gol dari 25 kali penampilannya.

Pada 2008, dia hijrah ke tim Newcastle Jets dan bermain untuk dua musim (2008-2011). Dan mulai tahun 2011, Sean Rooney mulai merumput di kompetisi Indonesia Super League (ISL) di tim Deltras Sidoarjo. Kedatangan Sean Rooney sendiri tidak lepas dari peran gelandang Australia yang saat ini berkostum biru-putih, Robbie Gaspar.

Penampilan Sean Rooney saat membela klubnya menghadapi Persib Bandung di Stadion Gelora Delta, Senin (12/12/2011), menuai pujian dari arsitek Persib Bandung Drago Mamic. Mamic pun tak segan menyebut penampilan duet penyerang Deltras Amos dan Sean cocok dengan karakter pemain yang diinginkannya.

"Ya, kita mengakui dua penyerang Deltras, Rooney dan Amos bermain sangat bagus. Kualitas mereka sebagai striker sangat baik. Saya sangat suka dengan permainan mereka, terutama Rooney," aku Mamic kepada wartawan di Surabaya, Selasa (13/12/2011).

Namun yang perlu diperhatikan juga yakni kondisi fisik Sean Rooney. Pasalnya, striker bernomor punggung 9 sempat mengalami cedera otot paha sebelum berlaga menghadapi Persiwa Wamena pada 28 Desember 2011 silam. Rooney pun mendapatkan perawatan intensif di negara asalnya Australia.
“Ya, dia mengalami cedera tersebut. Kami memberi izin dia libur lebih lama, karena pengobatan di sana sedikit lebih baik daripada di Indonesia,” ujar Pelatih Deltras Jorg Peter Steinebrunner seperti dikutip beberapa media, Kamis (29/12/2011).
Jorg sendiri tak bisa menjamin, bahwa Rooney bisa tampil melawan Persiwa. Ia menyebut, cedera yang dialami Rooney sulit untuk diprediksi. “Kami masih menunggu kabar. Bisa parah, bisa juga tidak,” ujar Jorg
Sebelumnya, Rooney memperkuat Deltras di dua laga yakni saat menghadapi Persib Bandung (12/1/2/2011) dengan skor akhir 0-0 dan membekuk Pelita Jaya (19/12/2011) melalui dua golnya. Rooney baru kembali memperkuat Deltras saat dijamu Persiram pada 4 Februari 2012 lalu. Saat itu Rooney mendapatkan kartu kuning dan timnya kalah 1-3 atas tuan rumah Persiram.

Dengan kondisi tersebut, Sean Rooney mengalami cedera yang cukup lama lebih dari satu bulan lamanya. Sean Rooney pun baru memperkuat Deltras di tiga laga dengan mencetak dua gol dari 10 laga yang telah dijalani The Lobster.

Persib pun pernah melakukan rekrutment pemain asing asal Jepang Ryota Miki. Ryota yang datang bersamaan dengan Moses Sakyi pun batal dikontrak. Pasalnya, sehari sebelum penandatanganan kontrak, Ryota Miki mengalami cedera yang merupakan cedera bawaannya di klub asalnya di Jepang. Jangan sampai perekrutan striker asing asal Asia yang sedang diburu Persib Bandung saat ini seperti Sean Rooney kembali berbuntut cedera. Jangan sampai saat Sean Rooney dikontrak, penyerang asal Australia yang diharapkan bisa menutup krisis penyerang di tubuh tim malahan cedera.
Data diri Sean Rooney
Nama Lengkap : Sean Daniel Rooney
Nama Panggilan : Sean Rooney
Tanggal Lahi : 1 Maret 1989
Tempat Lahir : Blacktown, New South Wales
Negara : Australia
Tinggi Badan : 177 cm
Posisi : Striker
Nomor Punggung : 9
Karir Klub:
- Junior
2008 Sydney FC

- Senior (Tahun, Tim, Penampilan, Gol)
2006 - 2008 Blacktown City Demons 25 (11)
2008 - 2011 Newcastle Jets 26 (4)
2011 - ...... Deltras F.C. 3 (2)
Karir Tim Nasional
2009 Australia U-20 3 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar